Kamis, 10 Mei 2012

Tanya Jawab Kritis Tentang VGMC

Tanya jawab tentang VGMC yang bersifat kritis seringkali ditanyakan oleh calon pemegang saham atau sebagian besar yang ingin tahu lebih dalam tentang perusahaan Virgin Gold.
Kemampuan kita sebagai pemegang saham VGMC, tentunya harus memberikan jawaban yang jelas, masuk akal, tidak direkayasa dan yang terpenting adalah dapat pahami oleh penanya.

Artikel ini saya munculkan juga sebagai jawaban atas banyaknya email yang masuk yang menanyakan kejelasan VGMC dengan pertanyaan yang kritis diluar konteks yang tersedia pada FAQ (vgmc.com/faq.asp).

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan tentang VGMC yang sering muncul pada realitas di Indonesia:

1. Mengapa VGMC tidak membuka kantor perwakilan di Indonesia?
Jawab:
- Jika VGMC membuka kantor perwakilan di Indonesia maka sudah barang tentu akan menambah beban biaya dan pajak resmi yang harus ditanggung oleh VGMC dan pemegang saham, sehingga deviden yang didapatkan oleh pemegang saham menjadi lebih kecil dibanding dengan keuntungan sekarang.
Saya kembali bertanya,
*Mengapa Facebook tidak membuka cabangnya di Indonesia?...padahal sahamnya sudah Go Public.
*Mengapa Google sampai sekarang belum membuka kantor perwakilannya di Indonesia?...sementara sudah bertahun-tahun sebagian sahamnya dimiliki oleh warga Indonesia.
*Mengapa saham Hang Seng, Dow Jons, Nikkei tidak membuka kantor resmi di Indonesia?..sementara pemegang sahamnya sudah tersebar di Indonesia. Ada sebagian yang membuka kantor perwakilan, tetapi itu bersifat pribadi dan membuka CV/PT.

Citra dan kebesaran integritas sebuah perusahaan ditentukan oleh nilai kepercayaan public, bukan hanya menyangkut sebuah status kantor perwakilan atau cabang di suatu tempat.

2. Mengapa daftar ke VGMC harus menggunakan Refferal?..apakah VGMC sama dengan MLM?
Jawab:
Refferal disini bahasa mudahnya adalah orang / sponsor yang diberi kepercayaan oleh VGMC, karena untuk menjadi pemegang saham VGMC perlu ada orang yang dipercaya dan menguasai aplikasi VGMC.
Misalkan Anda daftar sendiri ke VGMC tanpa refferal, lantas nanya melulu ke office VGMC, apa ga habis waktu tuh buat VGMC melayani orang per orang hanya untuk daftar saja. Nah disini logika berpikir bisnis kita harus jalan.
Apakah VGMC sama dengan MLM?....Saya kadang bingung sendiri dengan pertanyaan ini, memangnya MLM kenapa?..ada yang salah dengan MLM!!...MLM-nya yang salah atau kita-nya yang salah!!
Saya kembali bertanya;
Apakah setiap refferal adalah MLM?
Silahkan Anda daftar ke Bank Swiss, disana pasti ditanya Refferensinya siapa?..Apakah Bank Swiss MLM?
Atau coba daftar ke Bank Singapore, pasti ditanya Reffernsi lagi...Apakah Bank Singapore MLM juga?
Nah, yang paling mudah silahkan daftar ke amazon.com, ditanya tuh No ID Refferal!! Apakah amazon.com MLM!!...hehee..jadi bingung juga saya.

Jadi pendaftaran ke VGMC harus melalui Refferensi adalah bentuk KEPERCAYAAN etika BISNIS dengan siapa Anda bergabung.

3. Apakah Ada bukti legalitas tertulis untuk berlangganan saham VGMC?
Jawab:
Dengan tegas saya jawab, untuk saat ini TIDAK ADA, yang ada adalah bukti kepemilikan saham yang bisa di print out dalam account member.
Ini adalah bisnis kepercayaan, makanya saya sarankan sebelum memutuskan untuk membeli saham di VGMC bertanyalah kepada pemegang saham yang sudah bergabung, apa yang dirasakannya selama ini, apa hambatannya, apa masalahnya dsb..
Aturan mainnya sangatlah SIMPLE....Anda percaya silahkan Joint, Anda tidak percaya tinggalkan VGMC....Nah, sesederhana itu.
 4.  Bagaimana kalau perusahaan VGMC bangkrut?...Apakah uang kita aman?
Jawab:
Tidak ada perusahaan yang abadi, semua perusahaan berpotensi bangkrut, tetapi perusahaan sekelas VGMC yang sudah merambah ke 36 negara dan berdiri sejak tahun 1999 sudah membuktikan bahwa Virgin Gold tetap kokoh berdiri dan mampu bersaing di pasar global.
Kabar baiknya, jika resiko terburukpun terjadi, maka pemegang saham tetap menjadi prioritas utama pembagian deviden dan pengembalian aset modal.

Investasi adalah Resiko, makin besar modal yang kita investasikan makin besar pula resiko yang diterima. Ini sudah menjadi hukum bisnis yang tidak tertulis, dimana kita menaruh modal besar untuk berinvestasi maka faktor resiko yang diterimapun menjadi besar, dan kabar baiknya makin besar modal yang diinvestasikan makin besar pula keuntungan yang didapatkan.

5. Mengapa saham VGMC tidak dimasukan dalam laporan aset koran bisnis atau terdaftar dalam bursa saham?
Jawab:
Saham VGMC masih dalam bentuk saham Konvertibel, artinya belum masuk ke saham bebas dan direncanakan baru akan diluncurkan pada tahun 2015. Jadi tidak akan terdaftar di bursa saham dan tidak akan menemukan laporan aset dalam koran bisnis.

6. Mengapa kita tidak diperbolehkan mengetahui nilai aset dan keuntungan perusahaan Virgin Gold?
Jawab:
Sama dengan diatas, karena kita masih sebagai pemilik saham konvertibel, bukan pemilik hak penuh saham VGMC. Jika sudah Go Public menuju IPO maka kita diberi kebebasan untuk mendapatkan informasi aset bersih dan keuntungan perusahaan, karena kita sebagai pemegang saham sudah mendapatkan hak penuh untuk bersuara.

Itulah sekilas tentang tanya jawab kritis yang sering diajukan oleh calon investor atau sebagian yang bertanya ingin mengetahui lebih jauh tentang VGMC.
Saya pribadi sama seperti Anda sebagai pemegang saham VGMC di Indonesia dan bukan merupakan perwakilan resmi yang ditunjuk oleh VGMC. Tentunya masih banyak keterbatasan dalam memberikan kepuasan jawaban terhadap penanya, mohon maklum dan mengerti atas keterbatasan ini.


DMCA.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar